Popular Post

Popular Posts

Posted by : Unknown Kamis, 13 November 2014

Kegiatan Pendidikan Sistem Ganda


 A.    Gambaran Umum
      Speedy adalah layanan akses internet dari PT. Telekomunikasi Indonesia, Tbk. (PT. TELKOM), berbasis teknologi akses Asymmetric Digital Subscriber Line (ADSL), yang memungkinkan terjadinya komunikasi data dan suara secara bersamaan (simultan) melalui satu saluran telepon biasa, dengan mempergunakan Speedy, saluran telepon tetap dapat dipergunakan untuk menelepon bersamaan dengan akses internet.

B.     Pekerjaan yang dilakukan
Kegiatan PSG penulis ini berlangsung selama 3 bulan dari tanggal 1 Juli 2013 sampai 27 September 2013 di DIVA Telkom Yogyakarata, setiap pagi tepatnya jam 08.00 WIB penulis sudah menuju keruangan MDF, sesampainya di sana penulis langsung absen dan harus mengeluarkan alat-alat kerja seperti tang potong, insertion tool, dan microtest dari sebuah lemari. Setelah semua alat kerja disiapkan, penulis langsung melakukan penjumperan sesuai dengan perintah pembimbing lapangan.

C.    Prosedur Kerja

1.      Langkah-langkah Penjumperan Telepon
a.       Ambil Surat Perintah Kerja (SPK) yang sudah di print / cetak, lihat data teknik yang tertera.
b.      Cek nomor telpon di bagian Blok Horizontal menggunakan Microtest. Setelah itu cocokkan dengan data teknik di Surat Perintah Kerja.
c.       Setelah dilakukan pengecekan, tahap selanjutnya dilakukan penarikan kabel dan penjumperan sesuai dengan ketentuan yang telah tertera pada Surat Perintah Kerja yang telah di cetak.
d.      Alur penarikan nya adalah dari terminal blok Horizontal/EQN ke terminal blok Primer menggunakan kabel jumper biru putih.
e.       Lalu terminasi di masing-masing blok Horizontal maupun blok Vertikal dengan mengunakan insertion tool.
f.       Kemudian ceklah nomor pada terminal blok Vertikal/Primer, cocokan dengan teliti dan benar sesuai Surat Perintah Kerja.
g.      Setelah cocok maka jumperan telpon telah selesai.

2.      Langkah-langkah Penjumperan Speedy
a.       Sama dengan Penjumperan telepon hal yang pertama dilakukan pada penjumperan speedy adalah ambil SPK dan lihat data teknik yang tertera disitu.
b.      Cek nomor di bagian Blok Vertikal/Primer, dan cek juga di bagian Blok Horizontal/EQN, cocokan dengan data teknik di SPK.
c.       Setelah dilakukan pengecekan, tahap selanjutnyya dilakukan penarikan kabel dan penjumperan sesuai dengan datek yang telah tertear pada SPK yang sudah dicetak.
d.      Alur penarikan PSB Speedy adalah dari terminal blok Horizontal/EQN ke terminal blok DSLAM-IN dan dari terminal blok DSLAM OUT ke terminal blok Vertikal/Primer.
e.       Lalu terminasi di masing-masing blok Horizontal/EQN maupun blok Vertikal/Primer dengan menggunakan insertion tool.
f.       Kemudian ceklah nomor pada terminal blok Vertikal/Primer, cocokan dengan datek yang ada di SPK.
g.      Penjumperan Pemasangan Baru Speedy telah selesai.

3.      Validasi Data
a.       Peralatan yang digunakan saat Validasi data :
1)      Tangga jika diperlukan.
2)      Tes phone.
3)      Peralatan untuk menulis.

b.      Langkah-langkah Validasi data :
1)      Sambungkan Tes phone pada klem/port yang berisi kabel yang terletak pada terminal blok Vertikal secara berurutan mulai dari yang terkecil hingga yang terbesar atau sebaliknya.
2)      Bila terdapat Tone/nada sambung, tekan 141 pada telepon untuk mengetahui status nomor tersebut, tunggu beberapa saat kemudian catat status nomor tersebut, bila nomor tersebut belum menyelesaikan biaya administrasi maka tulis “rekening”, apabila klem/port kabel kosong maka tulis “kosong” pada kertas Validasi.

Setelah semua pekerjaan selesai dan jam sudah menunjukkan pukul 16.30 WIB, ini saatny penulis bersiap-siap untuk pulang. Inilah kegiatan penulis selama melaksanakan Pendidikan Sistem Ganda di Ruangan MDF.

D.    Permasalahan yang dihadapi
Permasalahan yang sering di dapat penulis pada waktu melakukan kegiatan PSG di ruangan Main Distribution Frame (MDF):
1.      Sering berbeda nomor antara nomor yang sudah tertera di SPK dengan nomor yang terpasang di Blok Horizontal/EQN.
2.      Tidak menyalanya nomor telepon yang sudah terpasang.


E.     Pemecahan Masalah
1.      Mengatasi perbedaan nomor pada saat penjumperan
Untuk mengatasi adanya perbedaan nomor maka penulis harus melakukan pengecekan terlebih dahulu, sebelum melakukan penjumperan baik Telepon maupun Speedy.

2.      Mengatasi saluran yang tidak menyala
Untuk mengatasi saluran telpon yang tidak menyala maka penulis bisa melakukan pengecekan pada terminal blok Primer dan terminal blok EQN, maupun bila masih belum menyala maka penulis akan melakukan penjumperan ulang.

Leave a Reply

Subscribe to Posts | Subscribe to Comments

Copyright © 2014 Blog KKPI Kelas XII-B Kelompok Sembilan - Powered by Blogger - Distributed By Blogger Themes - Designed by Kelompok 9 - XIIB