Popular Post

Popular Posts

Posted by : Valcrist Kamis, 23 Oktober 2014

T3-Online Monitoring System


a.       Definisi T3-Online Monitoring System
T3-Online merupakan program berbasis web yang digunakan mengelola data-data gangguan dan kerusakan jaringan , Speedy maupun juga telepon pelanggan. serta memberikan informasi kepada penggunanya dengan cepat dan mudah. Dengan kata lain, T3-Online memberi fleksibilitas kepada operator jaringan. Program T3-Online berjalan memakai koneksi internet Speedy dan hanya dapat diakses oleh karyawan PT. TELKOM  yang otomatis telah memiliki username dan password untuk dapat login ke dalamnya. Kemudian menu-menu yang terdapat dalam program T3M sudah dikelompokkan berdasarkan divisi yang ada di PT. TELKOM. Contohnya, pada divisi regional Malang, maka kita akan melihat data-data laporan gangguan telepon dan Speedy dari Malang saja.
Sebagai siswa Prakerin, kita juga bisa menggunakan program ini akan tetapi , harus ada izin dari petugas yang bersangkutan dan digunakan sesuai apa yang ditugaskan dan hanya bisa diakses memakai internet kantor Telkom.

b.      Pentingnya Program T3-Online Monitoring System
T3-Online merupakan program yang sangat penting untuk mempermudah melakukan proses pencarian data gangguan telepon, jaringan maupun Speedy secara cepat dan mudah untuk mengetahui letak tempat dimana pelanggan yang melapor, karena datanya sudah tertera di T3-Online.
c.       Fungsi dan Cara Akses T3-Online Monitoring System
Fungsi T3-Online sendiri dalam penanganan gangguan Speedy maupun telepon, yaitu untuk mengetahui berbagai macam gangguan jaringan,gangguan modem ataupun bisa gangguan masal.
Karena T3-Online adalah software berbasis web maka untuk membuka  T3-Online hanya perlu memasukkan URL Portal t3-online.telkom.co.id, lalu masukkan username dan password yang sudah diberikan sesuai dengan pemberian dari pihak PT.TELKOM nya, asalkan anda sudah terkoneksi dengan internet, dengan provider Speedy atau apapun yang produk TELKOM yang sudah ter-setting di laptop maupun PC anda.Tapi biasanya petugas TELKOM sering membuka ini T3-Online melalui koneksi Speedy, jarang yang lain. Disini saya akan menjelaskan bagaimana menyetting Speedy agar dapat mengakses T3-Online.
Berikut akan dijelaskan bagaimana cara untuk melakukan setting komputer / laptop dengan menggunakan modem Speedy agar dapat membuka T3-Online :

1.)    Modem Speedy
Pastikan anda sudah mempunyai jaringan Speedy dirumah ataupun di daerah anda dan sudah mendapatkan modem yang sudah disediakan dan dipinjamkan dari PT.TELKOM ataupun sudah mempunyai modem sendiri. Dan pasang lah sesuai prosedur yang ada.

Gambar 3.1 Tampilan belakang modem


Gambar 3.2 Konfigurasi awal modem
Pastikan lampu power, ADSL, dan LAN-nya menyala. Lampu ADSL itu memberitahukan bahwa sinyal/jaringan hidup/aktif. Jika hidup berarti aktif jika mati maka jaringan tidak ada/ bisa rusak.

Gambar 3.3 Lampu indikator modem

2.)    Web Browser
Setelah modem sudah terpasang dengan benar, maka bukalah web browser yang ada dilaptop anda. Bisa Internet Explorer, Google Chrome, Mozilla Firefox atau yang lainnya.Disini saya menggunakan web browser Mozilla Firefox. Ketikkan tempat kolom URL nya dengan IP 192.168.1.1

Gambar 3.4 URL browser
3.)    Autentifikasi Login
Lalu tekan Enter. Setelah itu akan muncul autentifikasi dari penyettingan modem Speedy nya, dan masukan username nya “admin” dan password juga “admin”. Lalu pilih OK.

Gambar 3.5 Autentifikasi login

4.)    Setting Speedy
Inilah tampilan pertama setup modem Speedy, kita pilih Interface Setup , kemudian click Internet.VPI dan VCI koneksi Speedy selalu harus 0 dan 35 , statusnya diaktifkan, ISP pilih PPPoA/PPPoE.

Gambar 3.6 Interface setup modem
Masukkan username dengan password yang sudah disediakan dari PT.TELKOM, bridge interface deactivated-kan.

Gambar 3.7 Setting modem Speedy
Get IP Address Dynamic, Default Route Yes dan yang lainnya sesuaikan dengan yang sudah tersetting secara default terlebih dahulu. Kalau sudah, save dan tunggulah beberapa saat.

Gambar 3.8 Menyimpan hasil setting
Apabila sudah tersetting/terinstall jaringan Speedy nya maka untuk melihat sudah terkoneksi atau tidaknya yaitu buka menu Status. Anda bisa cek lancar tidaknya koneksi berdasarkan SNR Margin dan Line Attenuation.

Gambar 3.9 Cek status Speedy
5.)    Setting Wi-Fi
Kelebihan modem Speedy sekarang adalah modemnya sudah langsung route juga. Jadi kalau ingin menggunakan koneksi Wi-Fi langsung disetting di modemnya, tanpa harus beli Access Point atau Router-nya lagi. Cara setting-nya yaitu sebagai berikut :


Gambar 3.10 Tampilan awal browser
Ketikkan di URLnya dengan alamat IP 192.168.1.1 , isikan username dan password-nya admin dan admin. Klik OK, terus Interface Setup kemudian pilih Wireless. Broadcast SSID YES, lalu isilah SSID/nama wireless sesuai apa yang kalian inginkan. Dan sebagai contoh disini namanya adalah SAWOJAJAR MDF. Password terserah apabila mau dipakai, kalau tidak dipakai pilih Disabled saja.Pilih Save jika sudah di setting , dan Wi-Fi langsung bisa digunakan.

Gambar 3.11 Tampilan wireless setup

Gambar 3.12 Menyimpan hasil setting wireless

d.      Prosedur Login dan Penggunaan T3-Online
Jika login benar maka akan masuk ke program TROUBLE TICKET nya. Jika user ID dan password salah akan muncul Wrong User ID or Password, ulangi login sampai user ID dan password anda benar.

Gambar 3.13 Tampilan login
Tetapi kalau User ID or Password sudah benar tapi tetap tidak bisa masuk , berarti terdapat gangguan pada program T3-Online tersebut , dan bisa melapor ke Surabaya dan menunggu repairnya, biasanya memakan waktu kurang lebih 15 menit.

Gambar 3.14 Login berhasil
Setelah login berhasil, prosedur operasional T3-Online pertama kali yaitu dari membuka tab Ticket halaman utama T3-Online.

Gambar 3.15 Tab menu
Ticket Speedy Area digunakan untuk mengetahui laporan gangguan jaringan Speedy ataupun kerusakan dalam perangkat internetnya dari pelanggan ke Telkom, Dengan prosedur sebagai berikut untuk membukanya :
Buka T3-Online melalui web browser, web browser yang biasa dipakai adalah Firefox, lalu masukkan address seperti pada gambar.

Gambar 3.16 URL address T3-Online
Maka akan masuk kedalam web T3-Online lalu isikan user ID dan password-nya.

Gambar 3.17 Login
Setelah login , anda akan masuk ke tampilan menu utama T3-Online

Gambar 3.18 Menu utama
1.)    Setelah login, pilih menu Ticket

Gambar 3.19 Tampilan menu Ticket
2.)    Lalu klik menu Speedy Area

Gambar 3.20 Tampilan Speedy Area
3.)    Ticket Speedy Area adalah menu dimana suatu laporan gangguan atau kerusakan jaringan perangkat Speedy akan berbentuk ticket, dan ticket yang terdaftar khusus semua pengguna Speedy saja.
4.)    Kemudian klik Tiket Per Datel

Gambar 3.21 Tiket per Datel
5.)    Pada gambar di atas, arti dari Tiket Per Datel  adalah ticket daerah-daerah tempat pelanggan yang berlangganan produk Telkom yaitu telepon ataupun Speedy.
6.)    Ketika sudah dipilih Ticket Per Datel, maka T3-Online akan meminta tempat regional manakah yang mau dilihat ticketnya, maka pilih Regional Malang yaitu Jatim Selatan(Malang).

Gambar 3.22 Menu regional
7.)    Pilih areanya adalah Witel Malang lalu klik SEARCH

Gambar 3.23 Menu pilih area
8.)    Inilah tampilan yang akan keluar setelah kita SEARCH tadi , list nama pelanggan yang melaporkan bahwa terdapat gangguan Speedy.

Gambar 3.24 Hasil pencarian
9.)    Setelah di lihat, ternyata tidak ada gangguan Speedy jika di cari melalui Tiket Per Datel, mungkin ini disebabkan oleh error pada halaman web T3-Online, maka kita akan mencoba mencarinya melalui menu My Inbox, menu My Inbox adalah daftar tiket yang di kirim dari pusat untuk di tangani gangguannya berdasarkan wilayah nya masing-masing.

Gambar 3.25 Tampilan tiket di My Inbox
10.)            Terdapat banyak tiket yang terdaftar pada My Inbox, buka salah satu tiket dengan cara klik kanan, lalu Open Link in New Tab

Gambar 3.26 Pilih tiket
11.)            Inilah tampilan tiket laporan pelanggan

Gambar 3.27 Tampilan tiket pelanggan

Gambar 3.28 Tampilan tiket pelanggan

Gambar 3.29 Tampilan tiket pelanggan

Gambar 3.30 Tampilan tiket pelanggan
12.)            Bacalah analisa awal gangguan untuk di teruskan ke petugas operasional PT Telkom agar segera di tangani, jika sudah. Catatlah data ticket laporan diantaranya :
a.      Speedy Number
b.      Nama pelanggan/pelapor
c.       Alamat lengkap
d.      No.telp/Contact Person-nya
e.       Keluhan yang dialami
f.       Password Speedy-nya

Leave a Reply

Subscribe to Posts | Subscribe to Comments

Copyright © 2014 Blog KKPI Kelas XII-B Kelompok Sembilan - Powered by Blogger - Distributed By Blogger Themes - Designed by Kelompok 9 - XIIB