- Home >
- T3-Online Monitoring System
Posted by : Valcrist
Kamis, 23 Oktober 2014
T3-Online Monitoring System
T3-Online merupakan
program berbasis web yang digunakan mengelola data-data gangguan dan kerusakan
jaringan , Speedy maupun juga telepon pelanggan. serta memberikan informasi
kepada penggunanya dengan cepat dan mudah. Dengan kata lain, T3-Online memberi
fleksibilitas kepada operator jaringan. Program T3-Online berjalan memakai
koneksi internet Speedy dan hanya dapat diakses oleh karyawan PT. TELKOM yang otomatis telah memiliki username dan password untuk dapat login
ke dalamnya. Kemudian menu-menu yang terdapat dalam program T3M sudah
dikelompokkan berdasarkan divisi yang ada di PT. TELKOM. Contohnya, pada divisi
regional Malang, maka kita akan melihat data-data laporan gangguan telepon dan Speedy
dari Malang saja.
Sebagai siswa Prakerin, kita juga bisa menggunakan
program ini akan tetapi , harus ada izin dari petugas yang bersangkutan dan
digunakan sesuai apa yang ditugaskan dan hanya bisa diakses memakai internet
kantor Telkom.
b.
Pentingnya Program T3-Online
Monitoring System
T3-Online merupakan program yang sangat penting untuk
mempermudah melakukan proses pencarian data gangguan telepon, jaringan maupun
Speedy secara cepat dan mudah untuk mengetahui letak tempat dimana pelanggan
yang melapor, karena datanya sudah tertera di T3-Online.
c.
Fungsi dan Cara Akses T3-Online Monitoring System
Fungsi
T3-Online sendiri dalam penanganan
gangguan Speedy maupun telepon, yaitu untuk mengetahui berbagai macam gangguan
jaringan,gangguan modem ataupun bisa gangguan masal.
Karena
T3-Online adalah software berbasis web maka
untuk membuka T3-Online hanya perlu memasukkan URL Portal t3-online.telkom.co.id,
lalu masukkan username dan password yang sudah diberikan sesuai
dengan pemberian dari pihak PT.TELKOM nya, asalkan anda sudah terkoneksi dengan
internet, dengan provider Speedy atau
apapun yang produk TELKOM yang sudah ter-setting
di laptop maupun PC anda.Tapi biasanya petugas TELKOM sering membuka ini T3-Online melalui koneksi Speedy, jarang
yang lain. Disini saya akan menjelaskan bagaimana menyetting Speedy agar dapat
mengakses T3-Online.
Berikut
akan dijelaskan bagaimana cara untuk melakukan setting komputer / laptop dengan
menggunakan modem Speedy agar dapat membuka T3-Online
:
1.)
Modem Speedy
Pastikan anda
sudah mempunyai jaringan Speedy dirumah ataupun di daerah anda dan sudah
mendapatkan modem yang sudah disediakan dan dipinjamkan dari PT.TELKOM ataupun
sudah mempunyai modem sendiri. Dan pasang lah sesuai prosedur yang ada.
Gambar 3.1 Tampilan
belakang modem
Gambar 3.2 Konfigurasi
awal modem
Pastikan lampu power, ADSL, dan LAN-nya menyala. Lampu
ADSL itu memberitahukan bahwa sinyal/jaringan hidup/aktif. Jika hidup berarti
aktif jika mati maka jaringan tidak ada/ bisa rusak.
Gambar 3.3 Lampu
indikator modem
2.)
Web Browser
Setelah modem
sudah terpasang dengan benar, maka bukalah web
browser yang ada dilaptop anda. Bisa Internet
Explorer, Google Chrome, Mozilla Firefox atau yang lainnya.Disini saya
menggunakan web browser Mozilla Firefox.
Ketikkan tempat kolom URL nya dengan IP 192.168.1.1
Gambar 3.4 URL browser
3.) Autentifikasi Login
Lalu tekan Enter. Setelah itu akan muncul autentifikasi
dari penyettingan modem Speedy nya, dan masukan username nya “admin” dan password
juga “admin”. Lalu pilih OK.
Gambar
3.5
Autentifikasi login
4.) Setting Speedy
Inilah tampilan
pertama setup modem Speedy, kita pilih Interface
Setup , kemudian click Internet.VPI dan VCI koneksi Speedy selalu harus 0
dan 35 , statusnya diaktifkan, ISP pilih PPPoA/PPPoE.
Gambar
3.6 Interface setup modem
Masukkan username
dengan password yang sudah disediakan
dari PT.TELKOM, bridge interface deactivated-kan.
Gambar
3.7 Setting modem Speedy
Get
IP Address Dynamic, Default Route
Yes dan yang lainnya sesuaikan dengan yang sudah tersetting secara default terlebih dahulu. Kalau sudah, save dan tunggulah beberapa saat.
Gambar
3.8
Menyimpan hasil setting
Apabila sudah tersetting/terinstall
jaringan Speedy nya maka untuk melihat sudah terkoneksi atau tidaknya yaitu
buka menu Status. Anda bisa cek lancar
tidaknya koneksi berdasarkan SNR Margin
dan Line Attenuation.
Gambar
3.9
Cek status Speedy
5.) Setting Wi-Fi
Kelebihan modem
Speedy sekarang adalah modemnya sudah langsung route juga. Jadi kalau ingin menggunakan koneksi Wi-Fi langsung disetting di modemnya,
tanpa harus beli Access Point atau Router-nya lagi. Cara setting-nya yaitu sebagai berikut :
Gambar
3.10 Tampilan
awal browser
Ketikkan di
URLnya dengan alamat IP 192.168.1.1 , isikan username dan password-nya
admin dan admin. Klik OK, terus Interface
Setup kemudian pilih Wireless. Broadcast SSID YES, lalu isilah SSID/nama wireless
sesuai apa yang kalian inginkan. Dan sebagai contoh disini namanya adalah SAWOJAJAR
MDF. Password terserah apabila mau
dipakai, kalau tidak dipakai pilih Disabled
saja.Pilih Save jika sudah di setting , dan Wi-Fi langsung bisa digunakan.
Gambar
3.11 Tampilan
wireless setup
Gambar
3.12 Menyimpan
hasil setting wireless
d. Prosedur Login
dan Penggunaan T3-Online
Jika login benar maka akan masuk ke program TROUBLE TICKET nya. Jika user ID dan password salah akan muncul Wrong
User ID or Password, ulangi login sampai user ID dan password anda
benar.
Gambar
3.13
Tampilan login
Tetapi kalau User ID or Password sudah benar tapi tetap tidak bisa masuk , berarti terdapat
gangguan pada program T3-Online
tersebut , dan bisa melapor ke Surabaya dan menunggu repairnya, biasanya
memakan waktu kurang lebih 15 menit.
Gambar
3.14 Login berhasil
Setelah login berhasil, prosedur operasional T3-Online pertama kali yaitu dari membuka
tab Ticket halaman utama T3-Online.
Gambar
3.15 Tab menu
Ticket Speedy Area digunakan untuk mengetahui laporan gangguan jaringan Speedy
ataupun kerusakan dalam perangkat internetnya dari pelanggan ke Telkom, Dengan
prosedur sebagai berikut untuk membukanya :
Buka T3-Online melalui web browser, web browser
yang biasa dipakai adalah Firefox,
lalu masukkan address seperti pada
gambar.
Gambar
3.16 URL address T3-Online
Maka akan masuk
kedalam web T3-Online lalu isikan user ID dan password-nya.
Gambar
3.17 Login
Setelah login , anda akan masuk ke tampilan menu utama T3-Online
Gambar
3.18 Menu utama
1.)
Setelah login,
pilih menu Ticket
Gambar
3.19 Tampilan
menu Ticket
2.)
Lalu klik menu
Speedy Area
Gambar
3.20 Tampilan
Speedy Area
3.)
Ticket Speedy
Area
adalah menu dimana suatu laporan gangguan atau kerusakan jaringan perangkat Speedy
akan berbentuk ticket, dan ticket yang terdaftar khusus semua pengguna Speedy
saja.
4.)
Kemudian klik Tiket Per Datel
Gambar
3.21 Tiket
per Datel
5.)
Pada gambar di atas, arti dari Tiket Per Datel adalah ticket daerah-daerah tempat pelanggan
yang berlangganan produk Telkom yaitu telepon ataupun Speedy.
6.)
Ketika sudah dipilih Ticket Per Datel, maka T3-Online akan meminta tempat regional
manakah yang mau dilihat ticketnya, maka pilih Regional Malang yaitu Jatim
Selatan(Malang).
Gambar
3.22 Menu
regional
7.)
Pilih areanya adalah Witel Malang
lalu klik SEARCH
Gambar 3.23 Menu pilih area
8.)
Inilah tampilan yang akan keluar
setelah kita SEARCH tadi , list nama pelanggan yang melaporkan
bahwa terdapat gangguan Speedy.
Gambar 3.24 Hasil
pencarian
9.)
Setelah di lihat, ternyata tidak
ada gangguan Speedy jika di cari melalui Tiket Per Datel, mungkin ini
disebabkan oleh error pada halaman web T3-Online, maka kita akan mencoba mencarinya melalui menu My Inbox, menu My Inbox
adalah daftar tiket yang di kirim dari pusat untuk di tangani gangguannya
berdasarkan wilayah nya masing-masing.
Gambar 3.25 Tampilan tiket
di My Inbox
10.)
Terdapat banyak tiket yang terdaftar pada My Inbox, buka salah satu tiket dengan
cara klik kanan, lalu Open Link in New
Tab
Gambar
3.26
Pilih tiket
11.)
Inilah tampilan tiket laporan pelanggan
Gambar
3.27
Tampilan tiket pelanggan
Gambar
3.28
Tampilan tiket pelanggan
Gambar
3.29
Tampilan tiket pelanggan
Gambar
3.30
Tampilan tiket pelanggan
12.)
Bacalah analisa awal gangguan
untuk di teruskan ke petugas operasional PT Telkom agar segera di tangani, jika
sudah. Catatlah data ticket laporan
diantaranya :
a.
Speedy Number
b.
Nama pelanggan/pelapor
c.
Alamat lengkap
d.
No.telp/Contact Person-nya
e.
Keluhan yang dialami
f.
Password Speedy-nya