Popular Post

Popular Posts

Posted by : Valcrist Kamis, 23 Oktober 2014

Visi dan Misi (Tujuan dan Manfaat) PSG


A.  Latar Belakang
Pada saat ini perkembangan teknologi  informasi dan telekomunikasi sudah mengalami kemajuan yang sangat pesat seiring zaman. Berbagai informasi yang terjadi di berbagai belahan dunia, kini telah dapat langsung kita ketahui berkat kemajuan teknologi sekarang (globalisasi).
Tentu kemajuan teknologi ini menyebabkan perubahan yang begitu besar pada kehidupan umat manusia dengan segala peradaban dan kebudayaannya yang dulu tidak modern. Perubahan ini juga memberikan dampak yang begitu besar terhadap transformasi yang ada di masyarakat dan khususnya terhadap penyediaan dan pengembangan Sumber Daya Manusia (SDM) pada bidang telekomunikasi yang menjadi tuntutan dalam dunia industri yang membutuhkan pekerja yang profesional.
             Menyikapi perkembangan dunia telekomunikasi inilah diperlukan upaya penyediaan Sumber Daya Manusia (SDM) yang mampu dan terampil melalui jalur pendidikan formal. SMK Telkom Sandhy Putra Banjarbaru merupakan salah satu SMK yang berupaya mengembangkan dan meningkatkan Sumber Daya Manusia (SDM) berbasis Telekomunikasi dan Informasi, yakni menjadikan manusia seutuhnya yang memiliki wawasan ilmu pengetahuan dan teknologi (IPTEK) dan bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa sertaturut bertanggung jawab terhadap kualitas lulusan agar memiliki kompotensi dan kemampuan seperti tuntutan dunia industri.
             Untuk itu, melalui Praktek Kerja Industri inilah yang merupakan suatu kegiatan pendidikan yang dilakukan siswa pada dunia usaha dan dunia industri khususnya telekomunikasi guna menerapkan ilmu yang diperoleh selama di bangku sekolah untuk diaplikasikan pada dunia usaha dan dunia industri yang bertujuan untuk menambah pengalaman dan sekaligus merupakan wadah pengenalan lingkungan kerja bagi siswa untuk meningkatkan pengetahuan dan keterampilannya. Sehingga pada saat memasuki dunia kerja mereka tidak merasa gugup dan canggung lagi.


B.  Tujuan
1.      Tujuan Pelaksanaan Praktek
a. Memberikan pengalaman kerja secara langsung serta mampu menyelesaikan permasalahan yang timbul di lapangan.
b. Membentuk sikap / perilaku siswa yang lebih positif melalui penyesuaian diri dengan lingkungan kerja di tempat PSG.
c.  Mengukur potensi siswa setelah dihadapkan pada berbagai masalah di lapangan. 
d.  Memupuk kerjasama antar tim secara baik.
e. Siswa mampu memahami, memantapkan dan mengembangkan pelajaran di sekolah dan menerapkannya di lapangan.
f. Mengembangkan dan memantapkan sikap profesional yang di perlukan siswa untuk memasuki lapangan kerja sesuai dangan bidangnya.
g.  Menghasilkan lulusan – lulusan yang memiliki keahlian profesional yaitu lulusan yang memiliki pengetahuan, keterampilan dan etos kerja yang sama dengan tuntutan lapangan kerja yang semakin kompetitif.

2.      Tujuan Pembuatan Laporan
a. Siswa mampu mencari alternatif pemecahan masalah kejuruan sesuai dengan program studi yang dipilih secara lebih luas dan mendalam yang terungkap dari laporan yang disusun.
b.  Sebagai studi banding antar teori yang di terima di sekolah dengan praktek di lapangan yang sesungguhnya.
c.   Melatih siswa agar dapat menuangkan ide-idenya kedalam karya tulis.
d. Meningkatkan efisiensi dan efektifitas proses pendidikan dan pelatihan tenaga kerja yang berkualitas dan profesional.


e. Untuk melengkapi persyaratan dalam uji kompetensi dan nilai PSG SMK Telekomunikasi Sandhy Putra Banjarbaru.

C.    Manfaat Pendidikan Sistem Ganda
1.      Manfaat Bagi Siswa
a.   Agar siswa dapat mempraktekkan ilmu atau teori yang didapat disekolah dalam kegiatan nyata di DU/DI
b.   Siswa mendapatkan ilmu tambahan yang tidak di dapat di sekolah.
c.   Siswa mendapatkan pengalaman kerja di kantor/instansi tempat PSG masing masing
2.      Manfaat Bagi Dunia Industri (DU/DI)
a.  Perusahaan atau instansi merasa sangat terbantu dengan adanya siswa PSG
b. Perusahaan atau Instansi dapat membantu dalam memberikan ilmu pengetahuan kepada para siswa PSG

Leave a Reply

Subscribe to Posts | Subscribe to Comments

Copyright © 2014 Blog KKPI Kelas XII-B Kelompok Sembilan - Powered by Blogger - Distributed By Blogger Themes - Designed by Kelompok 9 - XIIB